Desain Pembelajaran Berbicara Untuk Mengenalkan Nilai-Nilai Moral Kemanusiaan Melalui Bermain Peran

Authors

  • Agus Kichi Hermansyah Universitas Musamus Merauke
  • S Suyono Universitas Negeri Malang
  • Muakibatul Hasanah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i1.5089

Abstract

Suatu desain pembelajaran perlu dirancang dengan baik oleh guru yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Perancangan desain pembelajaran tersebut tentunya memperhatikan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dan tujuan pembelajaran. Termasuk dalam pembelajaran berbicara perlu dirancang desain pembelajarannya. Pembelajaran berbicara yang dirancang dengan baik akan dapat bermakna bagi siswa dan mengajarkan nilai-nilai, termasuk nilai moral kemanusiaan, salah satu pembelajaran berbicara yang dapat diterapkan adalah melalui bermain peran. Oleh sebab itu, berikut akan dijabarkan desain pembelajaran berbicara melalui bermain peran untuk mengenalkan nilai-nilai moral kemanusiaan, yang terdiri dari: (1) pembelajaran berbicara, (2) nilai moral kemanusiaan, (3) ruang lingkup nilai-nilai kemanusiaan dalam sastra, (4) bermain peran, (5) langkah-langkah pembelajaran bermain peran, dan (6) teknik dan prosedur penilaian berbicara melalui bermain peran. Sehingga, melalui bermain peran, guru dapat menjadikan pembelajaran menjadi bermakna dan juga mengenalkan nilai-nilai moral kemanusiaan untuk dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari bagi siswa.

 

Kata Kunci : pembelajaran berbicara, nilai kemanusiaan, bermain peran.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-20